1 Oktober 2011

Keajaiban Air Putih


Manusia membutuhkan air yang cukup agar proses metabolisme berjalan dengan lancar. Dengan demikian, anda harus memasukkan cairan ke dalam tubuh melalui minuman. Namun seringkali kita lupa bahwa cairan yang dimasukkan dalam tubuh adalah air putih, bukan minuman dengan campuran tambahan kandungan zat lainnya. Mengapa demikian? Karena air tersebut oleh tubuh akan digunakan untuk melarutkan zat kimia yang terlibat dalam proses metabolisme.

Manfaat air untuk kebugaran
Sejak dahulu air sudah dikenal khasiatnya. Para dokter menyarankan agar kita minum 8-10 gelas air putih setiap harinya. Sekitar 80% tubuh manusia terdiri atas air. Otakk memiliki komponen air sebanyak 90%, sementara darah memiliki komponen air 95%. Setiap hari tubuh kita membutuhkan ± 2 liter air sehari atau 8 gelas sehari.

Adapun manfaat air sebagai berikut :
1. Air putih dapat memperlancar system pencernaan.
Mengkonsumsi air cukup dalam sehari akan memperlancar pencernaan kita sehingga kita terhindar dari masalah pencernaan. Pembakaran kalori pun akan efisien. Air dalam tubuh kita akan dikeluarkan melalui keringat, air seni sekitar 1 liter per hari. Sedangkan air yang dikeluarkan melalui tinja sekitar 50-400 g/hari atau 50-60 ML / hari.
2. Air putih membantu memperlambat tumbuhnya zat-zat penyebab kanker, mencegah batu ginjal dan penyakit hati.
3. Air putih sangat baik untuk perawatan kecantikan.
   Jika kita kurang minum air putih, tubuh akan meyerap kandungan air dalam kulit sehingga kulit menjadi kering dan berkerut. Selain itu air putih dapat melindungi kulit, melembabkan kulit dan  menyehatkan kulit.
4. Banyak minum air putih dapat menghindarkan bau mulut.
5. Untuk kesuburan.
   Air dapat meningkatkan produksi hormon testoteron dan hormon estrogen. Mandi menggunakan air dingin dapat meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh. Mandi menggunakan air dingin pada pagi hari dapat meningkatkan produksi hormon testoteron dan hormon estrogen.
6. Menyehatkan jantung.
7. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah banyak dapat mencegah terkena nyeri pada sendi.
   Air putih dibutuhkan  oleh tulang rawan berikut sendi yang normalnya membutuhkan air. Jika tulang tersebut kekurangan air maka akan menipis dan tidak dapat melindungi sendi dengan baik. Hal tersebut yang menyebabkan nyeri pada sendi.

0 komentar:

Posting Komentar