1 Oktober 2011

Berhentilah Merokok Mulai Sekarang


Merokok dapat mengakibatkan resiko yang jauh lebih besar daripada obesitas. Jika rokok dijadikan alasan menghindari kegemukan merupakan KESALAHAN BESAR. Saat ini siswa sekoolah dasar sudah banyak yang merokok. Mengapa demikian? Tahukan anda bahaya dari rokok?

Kerugian yang ditimbulkan akibat merokok sangat banyak. Di dalam rokok terdapat lebih dari 200 zat kimia berbahaya, diantaranya nikotin yang bersifat adiktif dan tar yang bersifat karsinogetik. Sebelum dibakar, rokok mengandung 8-20 mg nikotin dan setelah dibakar nikotin yang masuk dalam darah hanya 25%.

Walaupun demikian, jumlah kecil tersebut hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk sampai ke otak manusia. Nikotin diterima reseptor asetilkolin-nikotinik yang kemudian membaginya ke jalur imbalan dan jalur adrenergik. Pada jalur imbalan inilah, perokok merasakan nikmatnya merokok sehingga memacu sistem dopaminergik. Hal ini menjadikan perokok merasa lebih tenang, daya pikir seolah-olah tenang, dan tidak merasa lapar. Sementara itu, dijalur adrenergik, zat ini akan mengaktifkan sistem adrenergik pada bagian otak lokus seruleus yang mengeluarkan serotonin. Meningkatnya serotonin menimbulkan rangsangan perasaan senang sekaligus keinginan untuk merokok lagi. Inilah penyebab mengapa banyak perokok yang sulit untuk meninggalkan rokok.

Berdasarkan buku Diseases and Disorders yang diterbitkan oleh Anatomical Chart Company, rokok adalah zat berbahaya yang mempunyai lebih dari 200 jenis racun. Setiap perokok yang menghisap dua bungkus rokok dalam sehari, berarti dia telah mengurangi umurnya selama 8 tahun.

Akibat apa yang timbul dari rokok?

1. Kanker
Pria perokok umumnya dapat terserang kanker lambung (26,3%), paru-paru, usus, dan hati. Wanita perokok umumnya dapat terserang kanker payudara (17,7%), lambung, usus, dan paru-paru.

2. Mempengaruhi Daya Ingat
Jumlah dan tingkat kepadatan sel yang digunakan oleh orang yang merokok jauh lebih rendah dibandingkan orang yang tidak merokok. Jumlah sel dan kepadatan sel tersebut mempengaruhi daya ingat.

3. Menyebabkan Asma
Asap rokok dapat menyebabkan asma, baik perokok maupun orang yang menghisap asap rokok.

4. Efek dari rokok
Efek dari rokok adalah memberi stimulasi depresi ringan, gangguan daya tangkap, gangguan perasaan, alam pikiran, tingkah laku dan psikomotor.

0 komentar:

Posting Komentar